Pemilihan Formatur Musda Gerakan Pramuka NTB Dihujani Instrupsi

Pemilihan Formatur Musda Gerakan Pramuka NTB Dihujani Instrupsi

Meski pelantikan Ketua Kwarda terpilih oleh ketua presidium sidang berjalan dengan baik. Namun, menyisahkan masalah. Formatur yang mewakili pulau sumbawa dihujani instrupsi, karena dianggap telah dieliminir dan tidak mewakili aspirasi. Apalagi, palu sidang sempat ditarik terus diketuk lagi.

Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka NTB yang belangsung di Hotel Pratama 10 – 12 dihujani instrupsi. Sidang Paripurna ke V yang membahas pemilihan formatur harus ditarik ulang palu sidang oleh ketua Kwarda terpilih. Pasalnya, presidium yang dipimpin oleh H. Nasir lupa membacakan dan mensyahkan Tim Formatur dan Tim Pemeriksa Keuangan

Sebelum di skor, pemilihan formatur sempat diinstrupsi oleh Arief Rachman perwakilan Kwarcab Bima. Arief menilai penunjukan formatur yang mewakili pulau Sumbawa Munajab Suhaemi tidak melalui mekanisme seperti yang menjadi kesepakatan dalam tata tertib sidang Pasal 14 Tata Cara Pemilihan Formatur bahwa anggota Formatur dipilih secara langsung dalam Musda 2014.

“Lha, formatur yang dipilih tidak melewati mekanisme dan tata cara yang telah disyahkan dalam Tatib yang sudah disetujui,” kesal arief.

Formatur yang terpilih yang ditetapkan saya kira tidak sah, apalagi sejak awal sidang pemilihan formatur sudah dieliminir dan akan dipilih ulang sesuai mekanisme Tatib.

“Nah, herannya sekaligus menjadi rancu meski sudah dieliminir oleh pimpinan sidang sebelumnya, tetapi pimpinan sidang yang diganti malah menetapkan menjadi keputusan paripurna IV,” jelas Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan, saya tidak mengkritisi pemilihan ketua Kwarda terpilih, karena memang sudah melewati mekanisme yang sudah benar sesuai Tatib. Tetapi, yang saya anggap tidak sah adalah penetapan perwakilan formatur pulau sumbawa.

Karena itu, agar pemilihan pengurus Kwarda NTB tidak cacat hukum nantinya, keputusan presidium sidang paripurna IV yang menetapkan tim formatur harus dieliminir.

“Eliminir ajalah, lho memang sudah dieliminir kok waktu sidang sebelumnya, kok malah ditetapkan. Inikan aneh,” tutup arief.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s